Teks Khutbah Jumat Singkat Padat Terbaru

Advertisement
Advertisement
Teks Khutbah Jumat Singkat - Mencari rejeki dari jalan yang halal merupakan hal yang sangat mulia, namun tidak sedikit yang mencari jalan pintas yang mereka anggap pantas sehingga terjerumus kepada yang haram. Alhasil, rejeki yang ia dapat bukan membawa berkah malah membawa malapetaka.

Allah SWT memerintahkan kita mencari rejeki yang halal agar makanan yang yang kita konsumsi menjadi halal. Kenapa demikian? Allah SWT menyuruh memakan makanan yang halal lebih dahulu baru kemudian melakukan perbuatan yang shaleh karena tidak diterima akan amalan seseorang melainkan dengan memakan yang halal dan memakai pakaian yang didapat melalui cara yang halal.

Sabda Nabi: barangsiapa yang membeli kain dengan sepuluh dirham dan ada di dalam harganya satu dirham yang haram niscaya Allah tidak menerima akan shalatnya selama ia menggunakan kain itu. Berikut ini kami akan menuliskan contoh khutbah jumat tentang “Harta halal dan keberkahan hidup”.contoh teks khutbah jumat dan masih bayak lagi contoh khutbah lainnya.

Contoh Naskah Khutbah Jumat Singkat Lengkap

Khutbah 1

اَلْحَمْدُ للهِ وَحْدَهُ، نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ اِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرُ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَهُوَ الْمُهْتَدُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا   أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ بَلَغَ الرِّسَالَةَ وَأَدَّى اْلأَمَانَةَ وَنَصَحَ لِلأُّمَّةِ وَتَرَكَنَا عَلَى الْمَحْجَةِ الْبَيْضَاءِ لَيْلَهَا كَنَهَارِهَا لاَ يَزِيْغُ عَنْهَا اِلاَّ هَالِكٌ  اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ دَعَا بِدَعْوَتِهِ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ, فَيَا عِبَادَ اللهِ اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي الْخَاطِئَةِ الْمُذْنِبَةِ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. وَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِي مُحْكَمِ التَّنْزِيْلِ بَعْدَ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ : هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ
  سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Jamaah jumah rahimakumullah

Betapa banyak Alloh SWT. Telah memberikan nikmat dan karunia-Nya kepada kita, baik berupa, kesehatan, kesempatan, kesadaran, kemauan harta, makanan, bahkan nikmat iman dan islam. Kita bereharap  agar dengan semua nikmat itu, kita bisa membalas dengan melakukan ibadah atau mengabdi kepada Alloh, baik melalui ibadah-ibadah wajib maupun sunah. Semoga ibadah-ibadah kita diterima disisi Alloh SWT. Amin ya Rabbal ‘alamin

Hadirin sidang jumah rahimakumullah

Siapapun tidak akan pernah mampu menghitung nikmat Alloh yang diberikan kepada manusia. Namun, banyak diantara manusia bahkan mungkin diri kita sendiri termasuk orang-orang yang enggan mempercayai nikmat Alloh tersebut. Dalam QS. Ar-rahman, berkali-kali Alloh memberi tantangan kepada orang-orang yang tidak mempercayai nikmat dan karunia yang diberikanNya kepada umat manusia, dengan kalimat :

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Artinya: “Maka, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS.Ar-Rahman [55]:13)
Alloh yang maha pemurah, memang karunia menjadikan bumi dan langit serta isinya, sebagai nikmt dan untuk manusia. Semuanya boleh dimanfaatkan dan dinikmati oleh manusia. Semua makanan dan minuman  boleh dinikmati oleh manusia, kecuali hanya beberapa saja yang diharamkan. Begitu pemurahnya Alloh, sehingga jumlah makanan dan minuman yang dihalalkan jauh lebih banyak dibanding yang diharamkan.

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Artinya: “Dia-lah, yang menjadikan segalal yang ada di bumi untuk kamu dan dia Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikanNya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu".
(QS. Al-Baqarah [2]:29)

Dari ayat diatas, kita memahami bahwa Alloh memberikan keleluasan kepada manusia untuk menikmati seluruh isi bumi dan langit, tentu sejauh masih dalam rambu-ra,bu ketentuan yang di buat-Nya.

Memang Alloh menciptakan manusia untuk menyembah kepadaNya, nammun manusia tidak boleh melalaikan kebutuhannya di dunia. Artinya harus ada keseimbangan antara waktu untuk ibadah dan waktu untuk bekerja mencari rezeki dan karunia Alloh. Hal tersebut jelas di sebutkan dalam al-Qur’an surat al-Jum’ah [62]: 9-10) :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Alloh dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.(9). “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Alloh dan ingatlah Alloh banyak-banyak supaya kamu beruntung”(10).

Hadirin jamaah jumat rahimakumullah

Salah satu cara mensyukuri nikmat Alloh yang terbentang diseluruh jagat raya ini adalah dengan mengupayakan dan memanfaatkan harta dengan cara yang halal dan baik, tidak dengan menipu dan tidak mendzalimi orang lain, tidak juga dengan menilep dan seenaknya mengkonsumsi harta-harta syubhat dan tentunya tidak dengan korupsi.

Cara mendapatkan harta secara halal merupakan prinsip dasar kita dalam memenuhi kebutuhan duniawi kita, terlebih di tengah-tengah masyarakat yang penuh persaingan dan berkembangnya aneka kebutuhan hidup. Persaingan hidup yang ketat membuat kita buta dalam mencari cara mendapatkan harta yang halal. Padahal kerja keras dengan tangan sendiri, meskipun hanya menghasilkan sesuatu yang sedikit, itu lebih baik dari pada harus menempuh cara yang bathil. Rasulullah SAW bersabda: dari Wa’il dari Juma’i ibn ‘Umar, Rasulullah ditanya tentang pekerjaan yang paling utama. Beliau menjawab: (yaitu) jual beli yang baik dan pekerjaan seseorang dengan jerih payah tangannya sendiri. (HR. Ahmad ibn Hanbal).

Kita harus meyakini bhwa rezeki sudah ada takarannya di tangan Alloh SWT. Kewajiban manusia hanya berusaha, tetapi yang menentukan hasilnya hanyalah Alloh SWT. Bahkan, seseorang tidak akan mati sebelum jatah rezekinya diterimakan kepadanya oleh Alloh. Demikian pula, Alloh tidak mengenal salah dalam pencapaian rezeki dengan jalan yang diridhai Alloh SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “sesungguhnya salah satu kalian tidak akan mati sehingga rezekinya sudah sempurna, maka jangan menganggap rezeki itu lamban, bertakwalah kepada Alloh wahai manusia, dan berbaiklah dalam mencapai rezeki. Ambilah yang halal dan tinggalkanlah yang haram.” (HR.Hakim)

Dari uraian hadist ini, kita memahami bahwa tidak ada gunanya menyesali bagian rezeki yang kita terima. Kewajiban kita adalah hanya berusaha atau berikhtiyar mencari anugerah Alloh. Adapun berhasil atau tidaknya adalah urusan Alloh SWT. Tidak ada yang sulit bagi Alloh, apalagi sekedar memberi rezeki kepada hamba-Nya  yang dikehendaki, sebagaimana tidak sulit bagi-Nya menutup rezeki seorang hamba.

Ciri-ciri dari harta yang halal yang dapat mebawa keberkahan bagi kehidupan kita antara lain (menurut Dr. Yusuf Qardhawi):
  • Tidak bekerja di tempat atau pekerjaaan yang terkait dengan barang yang haram. Misalnya, khamr itu haram, maka setiap pekerjaan yang terkait dengan khamr adalah haram dan karenanya harta yang diperoleh dari pekerjaan tersebut menjadi haram.
  • Tidak mencari pekerjaaan dengan jalan curang, seperti menyuap ketika mendaftar pekerjaan.
  • Jujur dalam bekerja dan tidak melakukan kecurangan, khususnya di dalam sebuah perdagangan. 
  • Terkait dengan peraktik riba atau pembebanan bunga pinjaman yang sedemikian besar sehingga memberatkan peminjam, contohnya adalah rentenir. Sungguh Alloh telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba
 (QS al-Baqarah [2]: 275).

الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang mengulangi (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya”.
  • Mendzalimi rekan kerja, baik dalam perdagangan, pertanian, industri atau bahkan persaingan kerja di kantor. Alloh berfirman dalam QS al-Baqarah [2], 188:
وَلا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوا بِهَا إِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوا فَرِيقًا مِنْ أَمْوَالِ النَّاسِ بِالإثْمِ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya   “Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di anatara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian dari pada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.”
  • Melakukan korupsi di tempat ia bekerja. Masalah inilah yang saat ini sedang menyakiti negara kita secara kronis dan karenanya menjadi perhatian yang serius oleh banyak pihak, khususnya umat islam.

Hadirin rahimakumullah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa peraktik korupsi telah merajalela dimana-mana, disetiap lini kehidupan masyarakat kita. Penyalah gunaan kekuasaan, penggelapan dana atau penyelewengansubsidi untuk rakyat, manipulasi anggaran belanja negara maupun realisasi alokasinya, selalu mewarnai pemberitaan berbagai media masa atau bahkan sudah kita jumpai secara langsung dilingkungan kerja kita sendiri.korupsi nampaknya sudah dilakukan oleh sebagian masyarakat kita secara masif dan berjamaa’ah. Namun, korupsi sudah laksana hantu yang diyakini ada, tetapi sulit dibuktikan. Ini karena, korupsi sudah berjalan secara sistematik dan membudaya, mulai dari tingkat atas sampai tingkat bawah, dilingkungan pemerintah maupun swasta.

Bila hal ini kita biarkan, niscaya Alloh SWT. Akan menurunkan musibah dan cobaan, bukn hanya kepada orang yang bebuat zalim dan korpsi saja, tetapi kepada semua kita yang berada di lingkungannya. Oleh sebab itu, dengan jalan apapun kita wajib membentengi diri kita, keluarga kita, lingkungan kita dari perilaku korupsi yang merugikan banyakorang itu. Marilah kita mencari makanan, harta, uang dan rezeki lainnya yang halal dan dengan cara-cara yang halal pula. Alloh akan memberikan cahaya dan hikmah dalam hati kita, sehingga kita bisa menjalani kehidupan ini dalam naungan keridlaaan-Nya.

Khutbah 2

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمن سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ وَأَمِيْنُهُ عَلَى وَحْيِهِ ؛ فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ : اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى وَرَاقِبُوْهُ مُرَاقَبَةً مَنْ يَعْلَمُ أَنَّ رَبَّهُ يَسْمَعُهُ وَ يَرَاهُ  اللهم اغـفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات اللهم اعـز الاسلام والمسلمين واهلك الكفرة والمشركين ودمر اعدائنا واعدائك اعداء الدين بحق رب العالمين ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار برحمتك يا ارحم الراحمين والحمد لله رب العالمين
 عباد الله ان الله يأمر بالعدل والاحسان وايتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون ولذكر الله اكبر استغفرالله لي ولكم

Terimakasih telah berkunjung kealamat blog kami, semoga contoh teks khutbah jumat lengkap yang kami tulis bisa bermanfaat bagi anda yang membaca. Terutama yang menginginkan khutbah pendek sudah kami buat silakan di baca. Terimakasih 

Advertisement